Komponen
Utama pada Sistem Komputer
1.Hardware
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua
bagian fisik komputer, dan
dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya,
dan dibedakan dengan perangkat
lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam
menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara
perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara
mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang
"dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah
dari bidang ilmu komputer dan teknik
komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer
pada umumnya adalah komputer
pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian
berikut:
v Papan
sistem/papan induk (Mainboard) yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan
memiliki slot untuk kartu tambahan.
- RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
- Buses:
- Bus PCI
Peripheral
Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa
perangkat keras. PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor
independent bus itu dadpat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal[1].
Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group
yang dibentuk oleh Intel
Corporation dan beberapa perusahaan
lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam
komputer IBM PC atau kompatibelnya.
Komputer lama menggunakan slot ISA, yang merupakan bus yang lamban. Sejak kemunculan-nya sekitar
tahun 1992, bus PCI masih digunakan sampai sekarang, hingga keluar versi
terbarunya yaitu PCI Express (add-on).
- Bus ISA
Arsitektur
bus dengan bus data selebar 8-bit yang
diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981. Bus ISA diperbarui dengan menambahkan bus data selebar
menjadi 16-bit pada IBM PC/AT pada tahun 1984, sehingga jenis bus ISA yang beredar pun terbagi menjadi dua
bagian, yakni ISA 16-bit dan ISA 8-bit. ISA merupakan bus dasar dan paling umum
digunakan dalam komputer IBM PC hingga tahun 1995,
sebelum akhirnya digantikan oleh bus PCI yang diluncurkan pada tahun1992.
- USB
Universal Serial Bus (USB) adalah
standar bus serial untuk perangkat penghubung,
biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan
lainnya seperti konsol permainan,
ponsel dan PDA.
Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari
pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang
berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan hub yang khusus.
Desain USB ditujukan untuk menghilangkan
perlunya penambahan expansion
card ke ISA komputer
atau bus PCI, dan memperbaiki
kemampuan plug-and-play (pasang-dan-mainkan) dengan
memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau
ditambah ke sistem tanpa perlu me-reboot komputer. Ketika USB dipasang, ia
langsung dikenal sistem komputer dan memroses device
driver yang diperlukan untuk
menjalankannya.
Versi terbaru (hingga Januari 2005) USB adalah versi 2.0. Perbedaan
paling mencolok antara versi baru dan lama adalah kecepatan transfer yang jauh
meningkat. Kecepatan transfer data USB dibagi menjadi tiga, antara lain:
§ High
speed data dengan frekuensi clock 480.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada
± 500ppm.
§ Full
speed data dengan frekuensi clock 12.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada
±0.25% atau 2,500ppm.
§ Low
speed data dengan frekuensi clock 1.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada
±1.5% atau 15,000ppm.
- AGP
Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang
dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi,
menggantikan bus ISA, bus VESA ataubus PCI yang sebelumnya digunakan.
Spesifikasi AGP pertama kali (1.0)
dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel
440 pada Juli tahun 1996.
Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan
yang lebih baik. Selain itu, secara fisik, logis dan secara elektronik, AGP
bersifat independen dari PCI. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem
bisa terdapat beberapa slot, dalam sebuah sistem, hanya boleh terdapat satu
buah slot AGP saja.
Spesifikasi AGP 1.0 bekerja dengan
kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x), 32-bit, dan menggunakan
pensinyalan 3.3 Volt. AGP versi 2.0 dirilis pada Mei 1998 menambahkan kecepatan
hingga 266 MHz (AGP 4x), serta tegangan yang lebih rendah, 1.5 Volt. Versi
terakhir dari AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang
dirilis pada November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533
MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua
kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). Meskipun demikian, pada
kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali
lebih tinggi dibandingkan AGP 4x, karena beberapa alasan teknis.
Mulai tahun 2006, AGP telah mulai
digeser oleh kartu grafis berbasis PCI
Express x16, yang dapat
mentransfer data hingga 4000 Mbyte/detik, yang hampir dua kali lebih cepat
dibandingkan dengan AGP 8x, dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (voltase
hanya 800 mV saja.)
- ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
- CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama computer
v Power
supply - sebuah kotak yang
merupakan tempat transformer,
kontrol voltase dan kipas
v Pengontrol
penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau
lainnya, yang mengontrol hard
disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini
terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
v Pengontrol
penampilan video yang memproduksi
output untuk komputer display
v Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire)
untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
v Beberapa
jenis penyimpanan komputer:
§ CD - tipe paling umum media yang dapat
dilepas, murah tapi mudah rusak.
§ CD-ROM
§ CD-RW
§ CD-R
§ DVD
§ DVD-ROM
§ DVD-RW
§ DVD-R
§ Floppy
disk
v Penyimpanan
dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
§ Hard
disk - untuk penyimpanan data
jangka panjang
§ Disk
array controller
v Kartu
suara - menerjemahkan signal dari
papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk
mencolok kabel suara speaker.
v Jaringan
komputer - untuk menghubungkan
komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
§ Modem - untuk koneksi tekan-tombol.
§ Kartu
network - untuk internet
DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
v Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat
memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau
yang umum digunakan.
§ Input
- Keyboard
- Alat penunjuk
- Mouse
- Trackball
- Joystick
- Gamepad
- Scanner gambar
- Webcam
- Tablet Grafis
- Output
- Printer
- Speaker
- Monitor
- Jaringan/Networking
- Modem
- kartu network
Gambar Hardware computer
2.Software
Komputer
merupakan mesin yang memproses data
menjadi suatu informasi. Komputer digunakan users
untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan
berbagai masalah. Yang menjadi
pemroses data atau pemecah masalah itu adalah software atau perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak
adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari
operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.
Klasifikasi perangkat lunak
Perangkat
lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
·
System
Software:
o
Operating System (OS) : merupakan
perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan
perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi: MS DOS, MS
Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai
versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
o Programming Languages : merupakan
perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa
pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan
tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan
dengan “bahasa manusia”. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan
pemetaan satu per satu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat
tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah :
bahasa C.
o
System Utility : merupakan program khusus yang
berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti antivirus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas: Norton Utilities,
PartitionMagic, McAfee, dll.
·
Application
Software
o Custom-made Software / Custom Software /
Tailor-made Software :
merupakan
program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh :
aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.
o Commercial
Software / Package Software :
§ wordprocessor,
§ desktop
publishing,
§ spareadsheet,
§ database
management system,
§ graphics
software, dsb
Gambar Software komputer
Lisensi perangkat lunak
Perangkat Lunak Gratis
o
Freeware : Freeware adalah perangkat
lunak bebas yang mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan,
menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja
perangkat lunak. Suatu program merupakan perangkat lunak bebas, jika setiap
pengguna memiliki semua dari kebebasan tersebut. Dengan demikian, kita
seharusnya bebas untuk menyebarluaskan salinan program itu, dengan atau tanpa
modifikasi (perubahan), secara gratis atau pun dengan memungut biaya
penyebarluasan, kepada siapa pun dimana pun. Kebebasan untuk melakukan semua
hal di atas berarti kita tidak harus meminta atau pun membayar untuk ijin
tersebut. Ada beberapa kategori yang dikatakan freeware :
§
Copylefted:
Copyright pada author, contoh LGPL dan GPL, jadi perubahan dan distribusinya
bisa dilakukan tanpa ada batasannya.
§ Non Copylefted : free software yang mengizinkan distribusi ulang atau modifikasi
dengan menambahkan batasan baru, sehingga setiap kopi software ini, dalam
bentuk binary ataupun termodifikasi bisa menjadi proprietary software.Contoh :
X Window System
§ Non Copyrighted: public domain yang terdiri dari pekerjaan
kreatif dan pengetahuan lainnya; tulisan,hasil seni, musik, sains,
penemuan, dan lainnya; yang tidak ada seseorang atau suatu organisasi memiliki
minat proprietari. (minat proprietary biasanya
dilakukan dengan sebuah hak cipta atau paten.) Hasil kerja dan penemuan yang ada dalam domain umum
dianggap sebagai bagian dari warisan budaya publik,
dan setiap orang dapat menggunakan mereka tanpa batasan (tidak termasuk hukum
yang menyangkut keamanan, ekspor, dll.).Contoh : STP MP3 Player
§ Copyrighted pada author: MIT license, BSD license, Apache license
o Semi-Free
Software :
Software yang non-free, namun mengizinkan untuk menggunakan, mendistribusikan,
dan memodifikasinya untuk kepentingan nonprofit. Contoh : PGP
Perangkat Lunak dengan hak cipta
o
Open Source : adalah sistem
pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu orang/lembaga pusat, tetapi
oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas
(biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).
Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar,
sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya
dorongan yang bersumber dari budaya
memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program
Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk
menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang
banyak.
o Evaluation Copy / Trial / Preview/ Demo : adalah software yang dapat
Anda gunakan tapi ada batasan waktu atau jumlah pengguna, atau ada trialware
yang menonaktifkan beberapa fungsi dari software tersebut.
o Copyrighted
software
o Shareware : Shareware
adalah perangkat lunak yang membatasi penggunanya dengan mengurangi fitur-fitur
tertentu atau membatasi masa penggunaannya selama jangka waktu tertentu ataupun
juga penggabungkan kedua hal ini. Tujuan dari publikasi shareware adalah untuk berbagi fungsi dan keunggulan perangkat
lunak itu kepada konsumen sehingga konsumen bisa berkesempatan mencoba secara
langsung perangkat lunak tersebut untuk kemudian memutuskan tidak lagi memakai
software tersebut atau membeli versi penuhnya.Contoh : Winzip, mIRC, MusicMatch Jukebox, Real
Jukebox
Istilah yang terkait dengan software lainnya
o Adware : Varian dari freeware yang menampilkan
iklan pada tampilan software (umumnya berupa banner). Contoh : GoZilla!,
JetAudio (mulai versi 4.7), Eudora Pro (mulai versi 4.2), Opera (mulai versi 5)
o Spyware : Suatu istilah untuk menyebut software
yang 'membonceng' sebuah adware, yang bertugas mendownload iklan untuk
ditampilkan pada adware tersebut. Namun, spyware umumnya juga melakukan
'penyadapan' data teknis komputer yang ditempatinya dan dikirimkan saat
komputer itu online.
o Nagware : Varian dari shareware yang selalu
menampilkan layar peringatan setiap digunakan, layar ini akan hilang jika
software diregistrasi (dengan membayar), namun software itu sendiri masih
berfungsi secara normal walaupun tidak diregistrasi .Contoh : ACDSee (sampai
versi 2.42), WinZip, mIRC
o Stripware : Varian dari freeware yang menawarkan
versi gratis dari software komersial dengan fasilitas yang terbatas, biasanya
ditandai dengan pemberian nama Personal Edition/Lite Version/Basic. Contoh
: Eudora Lite, Real Player Basic, Linux (distribusi Corel)
o Optionware :Varian dari freeware yang meminta
imbalan secara sukarela dalam bentuk selain uang, misalnya : e-mail (mailware),
prangko (stampware), surat/kartupos, dll, bahkan ada yang meminta anda untuk
menyumbangkan sejumlah uang kepada yang membutuhkan, bahkan ada yang hanya
meminta Anda untuk berhenti menggerutu tentang sulitnya hidup (!). Contoh
: Arachnophilia.
o Alpha
Version :
Software proprietary yang telah selesai pengkodeannya dan dapat digunakan,
namun masih harus menjalani pengujian internal (dalam lingkungan
pembuatnya).Contoh : Mozilla
o Beta
Version
:Software proprietary yang telah selesai pengkodeannya dan dapat digunakan,
namun masih harus menjalani pengujian eksternal (di luar lingkungan
pembuatnya). Software beta bisa gratis, bisa juga komersial.Contoh : ICQ
o Commercial
Sofware :
Software yang dijual dan dilindungi hak cipta (copyright), dapat bersifat open
source atau closed source (proprietary). Contoh : Zope, GNU Ada
o Proprietary
Software
:Software komersial yang bersifat closed source, merupakan kebalikan dari free
software. Contoh : MS Windows, MS Office
3.Data
Data berasal
dari bahasa latin yakni datum yang
artinya adalah sesuatu yang diberikan. Di dalam komputer terdapat tiga buah
tipe data dasar, yaitu:
1.
bilangan
bulat atau dikenal dengan nama integer,
2.
bilangan
pecahan atau yang biasanya dikenal dengan floating
point,
3.
simbol
atau karakter.
Gambar Data
Komputer
merepresentasikan data dalam bentuk biner karena setiap sel atau bit data dalam
komputer hanya dapat menyimpan dua macam keadaan, yaitu tegangan
tinggi dan tegangan rendah. Perbedaan tegangan tersebut
mewakili nilai TRUE dan FALSE, atau bit 1 dan 0.
|
|
1.
Hardware komputer merupakan perangkat yang secara fisik dapat
disentuh yang terdiri atas input device, output device, CPU.
2.
Memori terdiri dari
dua macam yaitu memori internal dan memori eksternal.
3.
Memori internal terdiri dari RAM dan ROM.
4.
RAM berfungsi untuk menyimpan data untuk sementara waktu.
5.
ROM berfungsi menyimpan data secara permanen.
6.
Software merupakan kumpulan instruksi yang pada level rendah
terdiri dari operasi aritmatika dan logika.
7.
Operasi aritmatika terdiri dari +, -, x, :.
8.
Operasi Logika diantaranya: AND, OR, < , >, =.
9.
Operating system merupakan software yang menjadi antar muka hardware dengan pengguna sehingga
pengguna dapat menggunakan komputer.
10.
Tipe data dasar yang
utama pada komputer adalah integer, real, dan karakter.
4.
User
Dalam hal ini bagi mereka semua yang menggunakan komputer
dalam menunjang aktivitas sehari-hari, baik dirumah, ditempat kerja, disekolah,
atau dimanapun kita berada.
Pengertian user disini lebih dikaitkan kepada
orang-orang yang setiap hari bekerja dengan menggunakan komputer dan juga bagi
mereka yang concern terhadap perkembangan computer.
Dimana kita menyadari perkembangan dunia teknologi
computer setiap hari sangat pesat sekali dan tidak dapat terkejar bagi mereka
yang mempunyai dana yang serba pas-pasan.
User juga dapoat dikelompokkan kedalam 3 kelas yaitu :
a. Normal User, yaitu bagi mereka yang hanya
menggunakan computer saat aktivitas rutin seperti dikantor atau disekolah.
b. Middle User, yaitu bagi mereka yang tidak hanya
menjadi pengguna dalam aktivitas harian saja tetapi yang memberikan perhatian
khusus bagi setiap perkembangan dari teknologi computer.
c. Expert User, yaitu bagi mereka yang ahli di bidang
teknologi computer, seperti yang bekerja sebagai IT.
ARSITEKTUR KOMPUTER
I. Pendahuluan
Arsitektur
disini dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari
komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada
hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi
dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.
Tingkatan
Dalam Arsitektur Komputer
Ada sejumlah
tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling
sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan
software.
1.
Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini
Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana
pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di
atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung
software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
SOFTWARE LEVEL HARDWARE LEVEL |
Tingkatan dasar arsitektur komputer
2.
Multilayerd Machine
Tingkatan
dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem
komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa
layer software di atas beberapa layer hardware.
Berikut
tingkatan layer tersebut :
7.
6.
5.
|
SOFTWARE LEVEL
|
Applications Layer
|
Higher Order Software
Layer
|
||
Operating System Layer
|
||
4.
3.
2.
1.
|
HARDWARE LEVEL
|
Machine Layer
|
Microprogrammed Layer
|
||
Digital Logic Layer
|
||
Physical Device Layer
|
Keterangan :
1.
Physical Device Layer
Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting
2.
Digital Logic Layer
Elemen pada
tingkatan ini dapat menyimpan,memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk
represeotasi biner sederhana.
3.
Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan
instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secaa langsung menyebabkan elemen
logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah
prosesor inner yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program
kontrol primitifnya sendiri yang
disangga dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program ini disebut mikrokode
dan program kontrolnya disebut mikroprogram.
4.
Machine Layer
Adalah
tingkatam yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya
instruksi bahasa mesin yang dapat
diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
5.
Operating System Layer
Mengontrol cara yang
dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari
(underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain
dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software
menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
6.
Higher Order Software Layer
Mencakup semua
program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam
kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program
seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari
maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
7.
Applications Layer
Adalah bahasa
komputer seperti yang dilihat oleh end-user.
II. Central Processing Unit (CPU)
CPU atau satuan merupakan
tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor
ini disebut microprocessor. CPU terdiri
dari dua bagian utama, yaitu unit kendali ( control unit) dan unit Aritmatika
dan logika (arithmethic logic unit). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU
mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut register.
Control Unit
Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua
peralatan yang ada pada sistem komputer. Control unit mengatur kapan alat input
menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output.
Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa
data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk
diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika, control unit mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit.
Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit ke main memory lagi untuk disimpan.
Jadi tugas dari control
unit adalah :
1.
mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
2.
mengambil instruksi-instruksi dari main memory
3.
mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses
4.
mengirim instruksi ke aritmaetic and logic unit bila
perhitungan aritmatik atau perbandingan logika serta mengawasi kerja aritmatik
dan logika
5.
menyimpan hasil proses ke main memory
Arithmetic And Logic Unit
(ALU)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatik atau matematika
yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melaukan operasi aritmatik
dengan dasar pertambahan, sedang operasi aritmatik yang lainnya seperti pengurangan,
perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit
elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatik ini
disebut adder.
Tugas lain ALU
adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.
Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan
operator logika, yaitu =, <>, <, >, <+, >=.
III. Jenis- Jenis Processor
1.
Mikroprosesor 8080
Prosesor ini
lahir pada tahun 1974, dengan75 instruksi, memori maksimum 64 Kbyte. Sistem operasi yang digunakan adalah CP/M
dari microsoft
2.
Mikroprosesor 6800 dan 6502
Mikroprosesor
ini dirancang oleh Chuck Peddle yang dikeluarkan oleh Motorola. Komputer yang menggunakan prosesor ini adalah
APPLE I dan II, KIM-1 VIC, dan lain-lain.
3.
Mikroprosesor Z-80
Prosesor yang
pertama kali menggunakan RAM.
4.
Mikroprosesor 8085
Prosesor ini
dikeluarkan oleh Zilog. Produk ini merupakan produk gagal karena kalah cepat
dengan Z-80.
5.
Mikroprosesor INTEL 8086/8088
Prosesor ini
berbasis 16 bit. Mempunyai dua mode kerja. Mode pertama disebut mode minimum,
dimana prosesor bekerja sendiri. Mode kedua disebut mode maksimum yang
memungkinkan terjadinya pemakaian prosesor ganda. Dalm hal ini Intel
menyediakan prosesor pasangannya 8087 yang merupakan prosesor khusus untuk
prosesor matematis.
6.
Mikroprosesor 6800
Prosesor ini
dikeluarkan oleh Motorola dengan struktur 16 bit tetapi internalnya 32 bit.
Prosesor ini cocok sekali digunakan dengan sistem operasi UNIX. Komputer yang
menggunakan prosesor ini adalah Apple Machintosh.
7.
Mikroprosesor 80286
Versi ini
adalah lanjutan dari 8086 dengan arsitektur 16 bit murni dan memiliki 16 MB.
Komputer yang terkenal adalah IBM AT.
8.
Mikroprosesor 80386
Komputer
dengan arsitektur 32 bit murni dan mampu memiliki memori hingga 4 GB.
9.
Mikroprosesor 68020 dan 68030
Prosesor ini
bekerja pada 32 bit dengan kecepatan 15,7 MHz.. Kelebihan prosesor ini adalah
adanya cache memori internal.
10. Mikroprosesor 80486
Prosesor ini
memiliki prosesor 80386 beserta FPU 80387 ditambah dengan cache memory
internal.
III. Komunikasi dan Jaringan Komputer
Dunia komputer kaya akan informasi. Setiap saat kita
membutuhkan pemindahan informasi dari satu tempat ke tempat lain. Karena itu
pada dunia komputer dikenal system komunikasi data. Data akan ditransmisikan dari suatu tempat ke
tempat lain yang membutuhkan.
Jenis Transmisi Data :
- On-Line; adalah segala transmisi yang mengaah lengsung ke komputer dengan diatur komputer.
- Off-line ; yaitu komunikasi tidak langsung ke komputer melainkan ditulis terlebih dahulu ke da;am tape, disk dan lainnya. Sistem ini tidak interaktif ini disebabkan tidak adadanya komputer yang dihubungkan pada lokasi dimana data dikirimkan, sehingga tidak ada data tanggapan data tersebut telah diterima.
Kecepatan Transmisi
Kecepatan
transmisi data ditentukan oleh banyal factor seperti media pengirimnya seperti
kabel, udara (gelombang radio), serat optik dan lainnya. Satuan kecepatan
transmisi data adalah baud. Satu baud identik dengan 1 bps (bit per second).
Berbagai alat elektronik memiliki kemampuan tersendiri. Unit komputer
kecepatannya berkisar antara 30 bps hingga 100 Mps.
Gangguan Transmisi
1.
Noise, yaitu sinyal random tak diperlukan yang diambil
(terserap) oleh channel tersebut. Kualitas channel bisa dinyatakan menurut
signal – to – noise ratio (rasio sinyal terhadap noise)nya, yang ini diukur
dalam decibel, dB semakin rendah nilainya maka akan semakin baik.
2.
Distorsi , yaitu perubahan pada bentuk sinyal yang disebabkan
oleh sesuatu seperti absorpsi (penyerapan) sinyal 9attenuation) dan delay oleh
media.
Sistem Jalur
Transmisi bisa dilakukan
dalam tiga mode yaitu :
- Simplex ; transmisi hanya bisa dilakukan dalam satu arah
- Half Duplex; transmisi bisa dilakukan dalam dua arah, namun tidak secara serentak
- Duplex; transmisi bisa dilakukan dalam dua arah secera serentak.
Peralatan Transmisi
- Modem adalah kependekan dari modulator-demodulator. Fungsinya adalah memodulasi sinyal ke dalam frekuensi yang sesuai untuk transmisi dan untuk mendemodulasi sinyal tersebut pada ujung penerima.
- Accoustic coupler, bisa menggunakan handset telepon. Alat ini cocok untuk transmisi kecepatan rendah.
- Multiplexor, alat yang digunakan untuk menangani pesan yang masuk dan yang keluar
- Dataplex atau concentrator, untuk mengurangi biaya transmisi. Ia menghubungkan sejumlah terminal yang saling berdekatan namun tidak menghubungkan ke komputer sentral.
Keuntungan Menggunakan Jaringan :
- Pembagian (penggunaan secara bersama) sumber daya dan informasi
- Pengaturan fasilitas local tanpa kehilangan kontrol sentral
- Pendistribusian muatan kerja dan muatan pemrosesan yang pas
- Fasilitas komunikasi yang lebih baik
Model Arsitektur Jaringan
OSI ( Open System Interconnection)
- Layer kontrol fisik, adalah tingkat koneksitas elektris, transmisi sinyal dan data dalam bentuk biner mentah
- Layer hubungan data adalah tingkat dimana data ditransmisi dalam unit-unit kecil dengan menggunakan protocol yang sesuai untuk mengontrol dan mengecek transmisi yang benar. Unit-unit data tersebut disebut frame yakni karakter yang ditransmisikan secara tak sinkron atau blok karakter yang ditransmisikan secara sinkron
- Layer jaringan adalah tingkat yang memberikan kontrol antara point pengirim dan penerimaan yang berebelahan dalam jaringan.
- Layer transport adalah tingkat yang memberikan layanan end-to end antara komputer host. Ia mengangani pengalamatan, kontrol kesalahan dan transfer data reguler.
- Layer session adalah tingkat yang menangani penetapan koneksi antara host dan menangani manajemen dialog
- Layer perentasi adalah tingkat yang mengangani bentuk standar untuk pemrosesan data misalnya layout yang digunakan untuk tampilan VDU
- Layer aplikasi adalah tingkat yang dikontrol pemakai dalam menentukan data apa yang akan ditransmisikan dan begaimana ia akan dikirimkan dan diterima.
Bentuk – Bentuk Jaringan
- Star, bebrapa node dihubungkan dengan suatu node pusat yang membentuk jaringan seperti bintang. Semua komunikasi ditangani dan diatur langsung oleh central node. Central node biasanya berupa komputer node lainnya yang beberapa terminal atau komputer mini atau mikro melali suatu link.
- Hierarchical Tree Network
Jaringan ini berbentuk
pohon yang bercabang yang terdiri dari central node dihubungkan dengan node
lain secara berjenjang. Biasanya berupa mainframe sebagai host yang merupakan
jenjang tertinggi yang bertugas mengkoordinasi dan menendalikan node jenjang
dibawahnya yang dapat berupa mino computer atau microcomputer.
- Loop Network
Merupakan hubungan antar
node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Dalam bentuk ini tak
ada central node atau host node, semua punya status yan sama.
- Bus Network
Bentuk ini menghubungkan
beberapa node dalam jalur data (bus). Masing-masing niode dapat melakukan
tugas-tugas operasi yang berbeda-beda, tidak ada central node.
- Ring Network
Bentuk ini merupakan gabungan
bentuk loop dan bus network. Jika salah satu node tidak berfungsi atau rusak,
maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node yang lainnya karena terpisah dari
jalur data.
Kebaikan dan Keburukan
dari bentuk-bentuk Network
Bentuk
Network
|
Kebaikan
|
Keburukan
|
Star
|
Kontrol manajemen lebih
mudah karena terpusat
|
Kalau central node
rusak, maka semua tidak berfungsi
|
Hierarchical
|
Kontrol manajemen lebih
mudah karena terpusat dibagi dalam jenjang-jenjang
|
Bila salah satu node
rusak, maka node jenjang bawahnya tidak dapat berfungsi
|
Loop
|
Semua node mempunyai
status yang sama
|
Bila salah satu node
rusak maka akan menggganggu komunikasi node yang lainnya serta
|
Bus
|
Bila salah satu node
rusak tidak akan mengganggu yang lainnya karena tiaop-tiap node tidak
berhubngan langsung tetapi lewat bus
|
Bila bus rusak, semua
node tidak dapat berfungsi dan kontrol manajemen lebih sulit karena desentralisasi
|
Ring
|
Sama dengan bus
|
Terlalu bnayak link
sehingga biaya mahal dan kontrol manajemn sulit karena desentralisasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar