Selasa, 15 November 2011

Pemahaman Komponen Utama dan Arsitektur Komputer


Komponen Utama pada Sistem Komputer

1.Hardware

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
v  Papan sistem/papan induk (Mainboard) yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
  • RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
  • Buses:
    • Bus PCI
Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent bus itu dadpat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal[1]. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.
Komputer lama menggunakan slot ISA, yang merupakan bus yang lamban. Sejak kemunculan-nya sekitar tahun 1992, bus PCI masih digunakan sampai sekarang, hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express (add-on).
    • Bus ISA
Arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981. Bus ISA diperbarui dengan menambahkan bus data selebar menjadi 16-bit pada IBM PC/AT pada tahun 1984, sehingga jenis bus ISA yang beredar pun terbagi menjadi dua bagian, yakni ISA 16-bit dan ISA 8-bit. ISA merupakan bus dasar dan paling umum digunakan dalam komputer IBM PC hingga tahun 1995, sebelum akhirnya digantikan oleh bus PCI yang diluncurkan pada tahun1992.
    • USB
Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.
Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan hub yang khusus.
Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play (pasang-dan-mainkan) dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu me-reboot komputer. Ketika USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.
Versi terbaru (hingga Januari 2005) USB adalah versi 2.0. Perbedaan paling mencolok antara versi baru dan lama adalah kecepatan transfer yang jauh meningkat. Kecepatan transfer data USB dibagi menjadi tiga, antara lain:
§  High speed data dengan frekuensi clock 480.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm.
§  Full speed data dengan frekuensi clock 12.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0.25% atau 2,500ppm.
§  Low speed data dengan frekuensi clock 1.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.5% atau 15,000ppm.

    • AGP
Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang  dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA ataubus PCI yang sebelumnya digunakan.
Spesifikasi AGP pertama kali (1.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Selain itu, secara fisik, logis dan secara elektronik, AGP bersifat independen dari PCI. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot, dalam sebuah sistem, hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja.
Spesifikasi AGP 1.0 bekerja dengan kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x), 32-bit, dan menggunakan pensinyalan 3.3 Volt. AGP versi 2.0 dirilis pada Mei 1998 menambahkan kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x), serta tegangan yang lebih rendah, 1.5 Volt. Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). Meskipun demikian, pada kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dibandingkan AGP 4x, karena beberapa alasan teknis.
Mulai tahun 2006, AGP telah mulai digeser oleh kartu grafis berbasis PCI Express x16, yang dapat mentransfer data hingga 4000 Mbyte/detik, yang hampir dua kali lebih cepat dibandingkan dengan AGP 8x, dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (voltase hanya 800 mV saja.)
  • ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
  • CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama computer

v  Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas
v  Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
v  Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
v  Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
v  Beberapa jenis penyimpanan komputer:
§  CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
§  CD-ROM
§  CD-RW
§  CD-R
§  DVD
§  DVD-ROM
§  DVD-RW
§  DVD-R
§  Floppy disk

v  Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
§  Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
§  Disk array controller
v  Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
v  Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
§  Modem - untuk koneksi tekan-tombol.
§  Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
v  Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.

§  Input
    • Keyboard
    • Alat penunjuk
    • Mouse
    • Trackball
    • Joystick
    • Gamepad
    • Scanner gambar
    • Webcam
    • Tablet Grafis
  • Output
    • Printer
    • Speaker
    • Monitor
  • Jaringan/Networking
    • Modem
    • kartu network

                                   
Gambar Hardware computer

2.Software

Komputer merupakan mesin yang memproses data menjadi suatu informasi. Komputer digunakan users untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah software atau perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.

Klasifikasi perangkat lunak

Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
·         System Software:
o    Operating System (OS) : merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi: MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
o    Programming Languages : merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan “bahasa manusia”. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu per satu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C.
o    System Utility : merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti antivirus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas: Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll.
·         Application Software
o    Custom-made Software / Custom Software / Tailor-made Software :
merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.
o    Commercial Software / Package Software :
§  wordprocessor,
§  desktop publishing,
§  spareadsheet,
§  database management system,
§  graphics software, dsb

              

Gambar Software komputer

Lisensi perangkat lunak


Perangkat Lunak Gratis

o    Freeware : Freeware adalah perangkat lunak bebas yang mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak. Suatu program merupakan perangkat lunak bebas, jika setiap pengguna memiliki semua dari kebebasan tersebut. Dengan demikian, kita seharusnya bebas untuk menyebarluaskan salinan program itu, dengan atau tanpa modifikasi (perubahan), secara gratis atau pun dengan memungut biaya penyebarluasan, kepada siapa pun dimana pun. Kebebasan untuk melakukan semua hal di atas berarti kita tidak harus meminta atau pun membayar untuk ijin tersebut. Ada beberapa kategori yang dikatakan freeware :
§  Copylefted: Copyright pada author, contoh LGPL dan GPL, jadi perubahan dan distribusinya bisa dilakukan tanpa ada batasannya.
§  Non Copylefted : free software yang mengizinkan distribusi ulang atau modifikasi dengan menambahkan batasan baru, sehingga setiap kopi software ini, dalam bentuk binary ataupun termodifikasi bisa menjadi proprietary software.Contoh : X Window System
§  Non Copyrighted: public domain yang terdiri dari pekerjaan kreatif dan pengetahuan lainnya; tulisan,hasil seni, musik, sains, penemuan, dan lainnya; yang tidak ada seseorang atau suatu organisasi memiliki minat proprietari. (minat proprietary biasanya dilakukan dengan sebuah hak cipta atau paten.) Hasil kerja dan penemuan yang ada dalam domain umum dianggap sebagai bagian dari warisan budaya publik, dan setiap orang dapat menggunakan mereka tanpa batasan (tidak termasuk hukum yang menyangkut keamanan, ekspor, dll.).Contoh : STP MP3 Player
§  Copyrighted pada author: MIT license, BSD license, Apache license
o    Semi-Free Software : Software yang non-free, namun mengizinkan untuk menggunakan, mendistribusikan, dan memodifikasinya untuk kepentingan nonprofit. Contoh : PGP

Perangkat Lunak dengan hak cipta

o    Open Source : adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu orang/lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
o    Evaluation Copy / Trial / Preview/ Demo : adalah software yang dapat Anda gunakan tapi ada batasan waktu atau jumlah pengguna, atau ada trialware yang menonaktifkan beberapa fungsi dari software tersebut. 
o    Copyrighted software
o    Shareware : Shareware adalah perangkat lunak yang membatasi penggunanya dengan mengurangi fitur-fitur tertentu atau membatasi masa penggunaannya selama jangka waktu tertentu ataupun juga penggabungkan kedua hal ini. Tujuan dari publikasi shareware adalah untuk berbagi fungsi dan keunggulan perangkat lunak itu kepada konsumen sehingga konsumen bisa berkesempatan mencoba secara langsung perangkat lunak tersebut untuk kemudian memutuskan tidak lagi memakai software tersebut atau membeli versi penuhnya.Contoh : Winzip, mIRC, MusicMatch Jukebox, Real Jukebox

Istilah yang terkait dengan software lainnya

o    Adware : Varian dari freeware yang menampilkan iklan pada tampilan software (umumnya berupa banner). Contoh : GoZilla!, JetAudio (mulai versi 4.7), Eudora Pro (mulai versi 4.2), Opera (mulai versi 5)
o    Spyware : Suatu istilah untuk menyebut software yang 'membonceng' sebuah adware, yang bertugas mendownload iklan untuk ditampilkan pada adware tersebut. Namun, spyware umumnya juga melakukan 'penyadapan' data teknis komputer yang ditempatinya dan dikirimkan saat komputer itu online.
o    Nagware : Varian dari shareware yang selalu menampilkan layar peringatan setiap digunakan, layar ini akan hilang jika software diregistrasi (dengan membayar), namun software itu sendiri masih berfungsi secara normal walaupun tidak diregistrasi .Contoh : ACDSee (sampai versi 2.42), WinZip, mIRC
o    Stripware : Varian dari freeware yang menawarkan versi gratis dari software komersial dengan fasilitas yang terbatas, biasanya ditandai dengan pemberian nama Personal Edition/Lite Version/Basic. Contoh : Eudora Lite, Real Player Basic, Linux (distribusi Corel)
o    Optionware :Varian dari freeware yang meminta imbalan secara sukarela dalam bentuk selain uang, misalnya : e-mail (mailware), prangko (stampware), surat/kartupos, dll, bahkan ada yang meminta anda untuk menyumbangkan sejumlah uang kepada yang membutuhkan, bahkan ada yang hanya meminta Anda untuk berhenti menggerutu tentang sulitnya hidup (!). Contoh : Arachnophilia.
o    Alpha Version : Software proprietary yang telah selesai pengkodeannya dan dapat digunakan, namun masih harus menjalani pengujian internal (dalam lingkungan pembuatnya).Contoh : Mozilla
o    Beta Version :Software proprietary yang telah selesai pengkodeannya dan dapat digunakan, namun masih harus menjalani pengujian eksternal (di luar lingkungan pembuatnya). Software beta bisa gratis, bisa juga komersial.Contoh : ICQ
o    Commercial Sofware : Software yang dijual dan dilindungi hak cipta (copyright), dapat bersifat open source atau closed source (proprietary). Contoh : Zope, GNU Ada
o    Proprietary Software :Software komersial yang bersifat closed source, merupakan kebalikan dari free software. Contoh : MS Windows, MS Office          


3.Data

Data berasal dari bahasa latin yakni datum yang artinya adalah sesuatu yang diberikan. Di dalam komputer terdapat tiga buah tipe data dasar, yaitu:
1.    bilangan bulat atau dikenal dengan nama integer,
2.    bilangan pecahan atau yang biasanya dikenal dengan floating point,
3.    simbol atau karakter.

                                       
Gambar  Data

Komputer merepresentasikan data dalam bentuk biner karena setiap sel atau bit data dalam komputer hanya dapat menyimpan dua macam keadaan, yaitu  tegangan  tinggi  dan  tegangan rendah. Perbedaan tegangan tersebut mewakili nilai TRUE dan FALSE, atau bit 1 dan 0.






1.        Hardware komputer merupakan perangkat yang secara fisik dapat disentuh yang terdiri atas input device, output device, CPU.
2.        Memori terdiri dari dua macam yaitu memori internal dan memori eksternal.
3.        Memori internal terdiri dari RAM dan ROM.
4.        RAM berfungsi untuk menyimpan data untuk sementara waktu.
5.        ROM berfungsi menyimpan data secara permanen.
6.        Software merupakan kumpulan instruksi yang pada level rendah terdiri dari operasi aritmatika dan logika.
7.        Operasi aritmatika terdiri dari +, -, x, :.
8.        Operasi Logika diantaranya: AND, OR, < , >, =.
9.        Operating system merupakan software yang menjadi antar muka hardware dengan pengguna sehingga pengguna dapat menggunakan komputer.
10.    Tipe data dasar yang utama pada komputer adalah integer, real, dan karakter.

4.      User

Dalam hal ini bagi mereka semua yang menggunakan komputer dalam menunjang aktivitas sehari-hari, baik dirumah, ditempat kerja, disekolah, atau dimanapun kita berada.
Pengertian user disini lebih dikaitkan kepada orang-orang yang setiap hari bekerja dengan menggunakan komputer dan juga bagi mereka yang concern terhadap perkembangan computer.
Dimana kita menyadari perkembangan dunia teknologi computer setiap hari sangat pesat sekali dan tidak dapat terkejar bagi mereka yang mempunyai dana yang serba pas-pasan.
User juga dapoat dikelompokkan kedalam 3 kelas yaitu :

a. Normal User, yaitu bagi mereka yang hanya menggunakan computer saat aktivitas rutin seperti dikantor atau disekolah.

b. Middle User, yaitu bagi mereka yang tidak hanya menjadi pengguna dalam aktivitas harian saja tetapi yang memberikan perhatian khusus bagi setiap perkembangan dari teknologi computer.

c. Expert User, yaitu bagi mereka yang ahli di bidang teknologi computer, seperti yang bekerja sebagai IT.

ARSITEKTUR  KOMPUTER

I.     Pendahuluan
Arsitektur disini dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.

Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer
Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.
1.      Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
SOFTWARE LEVEL                                  HARDWARE LEVEL

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              
                           Tingkatan dasar arsitektur komputer

2.      Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
Berikut tingkatan layer tersebut :

7.
6.
5.

SOFTWARE LEVEL
Applications Layer
Higher Order Software Layer
Operating System Layer
4.
3.
2.
1.

HARDWARE LEVEL

Machine Layer
Microprogrammed Layer
Digital Logic Layer
Physical Device Layer

Keterangan :
1.      Physical  Device Layer
      Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting
2.      Digital Logic Layer
Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan,memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
3.      Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secaa langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program kontrol primitifnya sendiri  yang disangga dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program ini disebut mikrokode dan program kontrolnya disebut mikroprogram.
4.      Machine Layer
Adalah tingkatam yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi  bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
5.      Operating System Layer
Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
6.      Higher Order Software Layer
Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
7.      Applications Layer
Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.

II.      Central Processing Unit (CPU)

CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut  microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali ( control unit) dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic logic unit). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut register.

Control Unit
            Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control unit mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit. Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit  ke main memory lagi untuk disimpan.
Jadi tugas dari control unit adalah :
1.      mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
2.      mengambil instruksi-instruksi dari main memory
3.      mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses
4.      mengirim instruksi ke aritmaetic and logic unit bila perhitungan aritmatik atau perbandingan logika serta mengawasi kerja aritmatik dan logika
5.      menyimpan hasil proses ke main memory

Arithmetic And Logic Unit (ALU)
            Tugas utama dari ALU adalah melakukan  semua perhitungan aritmatik atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melaukan operasi aritmatik dengan dasar pertambahan, sedang operasi aritmatik yang lainnya seperti pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatik ini disebut adder.
            Tugas  lain ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu =, <>, <, >, <+, >=.

III. Jenis- Jenis Processor

1.      Mikroprosesor 8080
Prosesor ini lahir pada tahun 1974, dengan75 instruksi, memori maksimum 64 Kbyte.  Sistem operasi yang digunakan adalah CP/M dari microsoft
2.      Mikroprosesor 6800 dan 6502
Mikroprosesor ini dirancang oleh Chuck Peddle yang dikeluarkan oleh Motorola.  Komputer yang menggunakan prosesor ini adalah APPLE I dan II, KIM-1 VIC, dan lain-lain.
3.      Mikroprosesor Z-80
Prosesor yang pertama kali menggunakan RAM.
4.      Mikroprosesor  8085
Prosesor ini dikeluarkan oleh Zilog. Produk ini merupakan produk gagal karena kalah cepat dengan Z-80.
5.      Mikroprosesor INTEL 8086/8088
Prosesor ini berbasis 16 bit. Mempunyai dua mode kerja. Mode pertama disebut mode minimum, dimana prosesor bekerja sendiri. Mode kedua disebut mode maksimum yang memungkinkan terjadinya pemakaian prosesor ganda. Dalm hal ini Intel menyediakan prosesor pasangannya 8087 yang merupakan prosesor khusus untuk prosesor matematis.
6.      Mikroprosesor 6800
Prosesor ini dikeluarkan oleh Motorola dengan struktur 16 bit tetapi internalnya 32 bit. Prosesor ini cocok sekali digunakan dengan sistem operasi UNIX. Komputer yang menggunakan prosesor ini adalah Apple Machintosh.
7.      Mikroprosesor 80286
Versi ini adalah lanjutan dari 8086 dengan arsitektur 16 bit murni dan memiliki 16 MB. Komputer yang terkenal adalah IBM AT.
8.      Mikroprosesor 80386
Komputer dengan arsitektur 32 bit murni dan mampu memiliki memori hingga 4 GB.
9.      Mikroprosesor 68020 dan 68030
Prosesor ini bekerja pada 32 bit dengan kecepatan 15,7 MHz.. Kelebihan prosesor ini adalah adanya cache memori internal.
10.   Mikroprosesor 80486
Prosesor ini memiliki prosesor 80386 beserta FPU 80387 ditambah dengan cache memory internal.


III. Komunikasi dan Jaringan Komputer
            Dunia komputer kaya akan informasi. Setiap saat kita membutuhkan pemindahan informasi dari satu tempat ke tempat lain. Karena itu pada dunia komputer dikenal system komunikasi data.  Data akan ditransmisikan dari suatu tempat ke tempat lain yang membutuhkan.

Jenis Transmisi Data :
  1. On-Line; adalah segala transmisi yang mengaah lengsung ke komputer dengan diatur komputer.
  2. Off-line ; yaitu komunikasi tidak langsung ke komputer melainkan ditulis terlebih dahulu ke da;am tape, disk dan lainnya. Sistem ini tidak interaktif ini disebabkan tidak adadanya komputer yang dihubungkan pada lokasi dimana data dikirimkan, sehingga tidak ada data tanggapan data tersebut telah diterima.
Kecepatan Transmisi
Kecepatan transmisi data ditentukan oleh banyal factor seperti media pengirimnya seperti kabel, udara (gelombang radio), serat optik dan lainnya. Satuan kecepatan transmisi data adalah baud. Satu baud identik dengan 1 bps (bit per second). Berbagai alat elektronik memiliki kemampuan tersendiri. Unit komputer kecepatannya berkisar antara 30 bps hingga 100 Mps.

Gangguan Transmisi

1.      Noise, yaitu sinyal random tak diperlukan yang diambil (terserap) oleh channel tersebut. Kualitas channel bisa dinyatakan menurut signal – to – noise ratio (rasio sinyal terhadap noise)nya, yang ini diukur dalam decibel, dB semakin rendah nilainya maka akan semakin baik.
2.      Distorsi , yaitu perubahan pada bentuk sinyal yang disebabkan oleh sesuatu seperti absorpsi (penyerapan) sinyal 9attenuation) dan delay oleh media.

Sistem Jalur
Transmisi bisa dilakukan dalam tiga mode yaitu :
  1. Simplex ; transmisi hanya bisa dilakukan dalam satu arah
  2. Half Duplex; transmisi bisa dilakukan dalam dua arah, namun tidak secara serentak
  3. Duplex; transmisi bisa dilakukan dalam dua arah secera serentak.

Peralatan Transmisi
  1. Modem adalah kependekan dari modulator-demodulator. Fungsinya adalah memodulasi sinyal ke dalam frekuensi yang sesuai untuk transmisi dan untuk mendemodulasi sinyal tersebut pada ujung penerima.
  2. Accoustic coupler,  bisa menggunakan handset telepon. Alat ini cocok untuk transmisi kecepatan rendah.
  3. Multiplexor, alat yang digunakan untuk menangani pesan yang masuk dan yang keluar
  4. Dataplex atau concentrator, untuk mengurangi biaya transmisi. Ia menghubungkan sejumlah terminal yang saling berdekatan namun tidak menghubungkan ke komputer sentral.

Keuntungan Menggunakan Jaringan :
  1. Pembagian (penggunaan secara bersama) sumber daya dan informasi
  2. Pengaturan fasilitas local tanpa kehilangan kontrol sentral
  3. Pendistribusian muatan kerja dan muatan pemrosesan yang pas
  4. Fasilitas komunikasi yang lebih baik

Model Arsitektur Jaringan OSI ( Open System Interconnection)
  1. Layer kontrol fisik, adalah tingkat koneksitas elektris, transmisi sinyal dan data dalam bentuk biner mentah
  2. Layer hubungan data adalah tingkat dimana data ditransmisi dalam unit-unit kecil dengan menggunakan protocol yang sesuai untuk mengontrol dan mengecek transmisi yang benar. Unit-unit data tersebut disebut frame yakni karakter yang ditransmisikan secara tak sinkron atau blok karakter yang ditransmisikan secara sinkron
  3. Layer  jaringan adalah tingkat yang memberikan kontrol antara point pengirim dan penerimaan yang berebelahan dalam jaringan.
  4. Layer transport adalah tingkat yang memberikan layanan end-to end antara komputer host. Ia mengangani pengalamatan, kontrol kesalahan dan transfer data reguler.
  5. Layer session adalah tingkat yang menangani penetapan koneksi antara host dan menangani manajemen dialog
  6. Layer perentasi adalah tingkat yang mengangani bentuk standar untuk pemrosesan data misalnya layout yang digunakan untuk tampilan VDU
  7. Layer aplikasi adalah tingkat yang dikontrol pemakai dalam menentukan data apa yang akan ditransmisikan dan begaimana ia akan dikirimkan dan diterima.

       Bentuk – Bentuk Jaringan                                                                                                                                                        
  1. Star, bebrapa node dihubungkan dengan suatu node pusat yang membentuk jaringan seperti bintang. Semua komunikasi ditangani dan diatur langsung oleh central node. Central node biasanya berupa komputer node lainnya yang beberapa terminal atau komputer mini atau mikro melali suatu link.




  1. Hierarchical Tree Network
Jaringan ini berbentuk pohon yang bercabang yang terdiri dari central node dihubungkan dengan node lain secara berjenjang. Biasanya berupa mainframe sebagai host yang merupakan jenjang tertinggi yang bertugas mengkoordinasi dan menendalikan node jenjang dibawahnya yang dapat berupa mino computer atau microcomputer.
                                                                                                                                                                                               

  1. Loop Network
Merupakan hubungan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Dalam bentuk ini tak ada central node atau host node, semua punya status yan sama.


  1. Bus Network
Bentuk ini menghubungkan beberapa node dalam jalur data (bus). Masing-masing niode dapat melakukan tugas-tugas operasi yang berbeda-beda, tidak ada central node.






  1. Ring Network
Bentuk ini merupakan gabungan bentuk loop dan bus network. Jika salah satu node tidak berfungsi atau rusak, maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node yang lainnya karena terpisah dari jalur data.





Kebaikan dan Keburukan dari bentuk-bentuk Network
Bentuk
Network
Kebaikan
Keburukan
Star
Kontrol manajemen lebih mudah karena terpusat
Kalau central node rusak, maka semua tidak berfungsi
Hierarchical
Kontrol manajemen lebih mudah karena terpusat dibagi dalam jenjang-jenjang
Bila salah satu node rusak, maka node jenjang bawahnya tidak dapat berfungsi
Loop
Semua node mempunyai status yang sama
Bila salah satu node rusak maka akan menggganggu komunikasi node yang lainnya serta
Bus
Bila salah satu node rusak tidak akan mengganggu yang lainnya karena tiaop-tiap node tidak berhubngan langsung tetapi lewat bus
Bila bus rusak, semua node tidak dapat berfungsi dan kontrol manajemen lebih sulit karena desentralisasi
Ring
Sama dengan bus
Terlalu bnayak link sehingga biaya mahal dan kontrol manajemn sulit karena desentralisasi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar