1.
Alur Pemrosesan
Data di Komputer
Idealnya,
kita ingin berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa lisan atau tertulis.
Dalam prakteknya, kita harus mengubah data ke bentuk yang lebih bisa siap
diterima oleh mesin.
KARAKTER
Set
huruf, digit (angka), dan simbol lain digunakan untuk merepresentasikan item
data → disebut character set (set karakter).
Ex:
Tombol
space bar dan tombol delete pada keyboard dianggap sebagai bagian dari set
karakter dan direpresentasikan dengan “space” dan “del”.
Bits
& Bytes
•
Bagian data terkecil disebut dengan Bit yang mempunyai nilai; 1 & 0
•
Komputer bekerja dengan koleksi bit tersebut yang digrupkan untuk memwakili
sebuah
simbol, misalkan huruf dalam deretan alpabet
•
Delapan bit data disebut satu Byte (1 byte = 1 bit).
•
Satu byte data cukup untuk mewakili satu tabel alphanumeric character
•
Dengan satu byte data komputer dapat menyimpan 256 simbol & karakter yang
berbeda
TRANSMISI KARAKTER
Ketika tombol (key) pada keyboard dari perangkat input
komputer ditekan, perangkat tersebut menghasilkan sinyal elektris yang
merepresentasikan karakter tombol ke komputer. Transmisi tersebut melewati
kabel dari perangkat tersebut ke komputer dan sinyal untuk setiap karakter
merupakan rangkaian pulsa elektris yang disebut pulse train (lihat
Gambar 1).
Gambar 1. Gambaran sederhana dari data yang sedang
ditransmisikan dari perangkat keyboard ke komputer.
RINCIAN PENTRANSMISIAN KODE
Sekarang kita akan melihat pulse train (rentetan
pulsa) secara lebih rinci. Gambar 2 memberi gambaran rinci mengenai kode pulsa
untuk "T" yang ditunjukkan pada Gambar 1.
Gambar 2. Rincian transmisi tak-sinkron dari karakter
ASCII “T”.
•
Rentetan
pulsa lengkap pada Gambar 2 terdiri atas sepuluh pulsa yang berada dalam
rangkaian, dimana masing-masing berada pada tingkat tinggi atau tingkat rendah.
Dua tingkat ini berturut-turut direpresentasikan dengan 1-an dan 0-an.
•
BIT. Sistem perepresentasian tingkatan pulsa dengan
simbol "0" dan "1" sama dengan sistem perepresentasian
bilangan yang disebut binary number system (sistem bilangan biner). Sistem
bilangan biner juga hanya menggunakan dua simbol "0" dan
"1". Perlu diingat bahwa Binary diglTS disebut
BITS dan perlu dicatat bahwa pulsa pada Gambar 2 direpresentasikan dengan
sepuluh bits, yang dilabeli dengan Bit 0 sampai Bit 9.
•
Character
Codes (kode karakter).
Kombinasi biasa dari 0-an dan 1-an digunakan untuk bit 1 sampai 7 yang ada pada
Gambar 2 telah dipilih untuk merepresentasikan karakter "T". Jadi,
kita memiliki "7-bit code yang merepresentasikan karakter
"T".
•
ASCII.
Kode 7-bit yang
baru dideskripsikan sesuai dengan suatu standart yang disebut ASCII. ASCII
kependekan dari American Standard Code for Information Interchange. Kode ASCII
banyak digunakan di kalangan industri komputer. Set karakter ASCII ditunjukkan
pada Gambar 3.
Gambar 3. Set karakter ASCII
Start Bits and Stop Bits. Bit 0 dalam Gambar 2 disebut "start bit". la
merupakan bit pertama dalam rentetan pulsa yang akan ditransmisikan. Tujuannya
adalah untuk menandai awal pentransmisian karakter ke receiver atau penerima
(dalam hal ini komputer). Bit 9, yakni "stop bit", menandai akhir
dari pentransmisian.
•
Start
bit dan stop bit selalu merupakan polaritas yang berlawanan (yakni. jika salah
satu adalah 1, maka yang lain adalah 0), sehingga perubahan tingkal pulsa akan
terjadi ketika start bit ditransmisikan. Pada beberapa sistem digunakan dua
stop bit.
2.
Faktor Yang
Mempengaruhi Kecepatan Proses
•
Register
-
Sejumlah area memori kecil yang digunakan untuk menyimpan instruksi selama
proses
berlangsung
-
Ukuran dari register (work size) sesuai dengan jumlah data yang bisa diproses
dalam satu
satuan waktu
-
PC register saat ini 32 bit, artinya komputer mampu untuk memproses 4 byte data
sekali
jalan. Register akan terus berkembang ke 64
bit
•
RAM
-
Ukuran RAM berpengaruh langsung pada speed
-
Semakin besar ukuran RAM pada PC akan semaki banyak data disimpan di memori.
-
Jika aplikasi tidak cukup di load ke memori, maka secara bergantian dipindahkan
ke
secondary storage proses ini disebut swapping
•
The System Clock
-
Satu “Tick” dari clock dibutuhkan untuk merubah transistor dari On ke Off
disebut dengan
Clock Cycle
-
Clock Cycle ukuran dalam Hertz (Hz) untuk mengukur Cycle per second. Jika
PC
mempunyai kecepatan 300 Mhz, then its system
clock “ticks” 300 milion times every
second.
-
Jika lebih cepat PC Clock berjalan, maka semakin banyak perintah-perintah yang
dieksekusi
•
The Bus
-
Sebuah path diantara komponen dan komputer setiap data yang dikirimkan antar
komponen
melewati path
-
Lebar Bus data menentukan seberapa banyak data ditransmisikan diantara CUP dan
device
lain
-
Peripheral devices are connected to the CPU by an expansion bus
•
Chace Memory
-
Memory kecepatan tinggi untuk menyimpan instruksi yang akan dieksekusi oleh CPU
-
Lokasi Chace langsung pada CPU diantara CPU dengan RAM sehingga lebih cepat
dibandingkan dengan RAM
-
CPU Resident chace is called level-1(L1) chace. External chace is called
level-2 (L2) chace
-
Kapasiatas Chace memory sangat berpengaruh pada kecepatan komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar