I.
PENGANTAR BASIS
DATA
A. RUANG LINGKUP MENGENAI DATA BASE
Lingkungan basis
data adalah sebuah habitat di mana terdapat basis data untuk bisnis. Dalam
lingkungan basis data, pengguna memiliki alat untuk mengakses data. Pengguna
melakukan semua tipe pekerjaan dan keperluan mereka bervariasi seperti menggali
data (data mining), memodifikasi data, atau berusaha membuat data baru.
Masih dalam lingkungan basis data, pengguna tertentu tidak diperbolehkan
mengakses data, baik secara fisik maupun logis’. (Koh, 2005, dalam Janner
Simarmata & Imam Paryudi 2006: 33).
Di dalam suatu organisasi yang besar,
sistem database merupakan bagian penting pada sistem informasi, karena di
perlukan untuk mengelola sumber informasi pada organisasi tersebut. Untuk
mengelola sumber informasi tersebut yang pertama kali di lakukan adalah
merancang suatu sistem database agar informasi yang ada pada organisasi
tersebut dapat digunakan secara maksimal.
Tujuan Perancangan Database
·
Untuk
memenuhi kebutuhan akan informasi dari pengguna dan aplikasi
·
Menyediakan struktur informasi yang natural dan mudah di
mengerti oleh pengguna
·
Mendukung kebutuhan
pemrosesan dan beberapa obyek kinerja dari suatu sistem database
Basis Data
Sekumpulan data yang terintegrasi yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan para pemakai di dalam suatu organisasi.
DBMS (Database Management Systems)
Perangkat lunak yang menangani
semua pengaksesan ke database.
Sistem Basis Data
DBMS + Basis Data
B. PERBEDAAN SISTEM FILE TRADISIONAL DENGAN SISTEM FILE BASIS DATA
Perbedaan :
File Manajemen Tradisional
1. Program Oriented
2.
Kaku
3.
Kerangkapan
Data
File manajemen Database
1. Data Oriented
2.
Luwes
3.
Terkontrolnya
kerangkapan Data
C. KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN MENGGUNAKAN BASIS DATA
Kelemahannya :
File Manajemen Tradisional :
1. Timbulnya data rangkap & Ketidak konsistenan
2.
Data
tidak dapat digunakan bersama-sama
3.
Kesukaran
dalam peng-aksesan data
4.
Tidak
Fleksibel
5.
Data
tidak standar
File manajemen
Database :
1. Storage yang digunakan besar
2. Dibutuhkan tenaga spesialis
3.
Softwarenya
mahal
4. Kerusakan pada sistem database dapat
mempengaruhi departeman lain yang terkait.
Keuntungan dari
file manajemen database :
1.
Terkontrolnya
kerangkapan data
2.
Terpeliharanya
kekonsistenan data
3.
Data
dapat dipakai bersama-sama
4.
Data
dapat distandarisasikan
5.
Keamanan
data dapat terjamin
6.
Integritas
data terpelihara
7.
Data
independence
D.
KONSEP BASIS DATA , ISTILAH DASAR
, KOMPONEN BASIS DATA
Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan
dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data
memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya:
penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang
diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak
cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini
dikenal sebagai model basis data atau model
data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut
istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling
berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang
sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar
tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain
seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan
cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.
Istilah
dasar :
Enterprise
Suatu bentuk organisasi
seperti: bank, universitas, rumah sakit, pabrik, dsb.
Data yang disimpan dalai basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise.
Contoh data operasional : data keuangan, data mahasiswa, data pasien
Data yang disimpan dalai basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise.
Contoh data operasional : data keuangan, data mahasiswa, data pasien
Entitas
Suatu obyek yang dapat
dibedakan dari lainnya yang dapat diwujudkan dalai basis data.
Contoh Entitas dalam lingkungan bank terdiri dari : Nasabah, Simpanan, Hipotik
Contoh Entitas dalam lingkungan universitas terdiri dari : Mahasiswa, mata kuliah
Kumpulan dari entitas disebut Himpunan Entitas
Contoh Entitas dalam lingkungan bank terdiri dari : Nasabah, Simpanan, Hipotik
Contoh Entitas dalam lingkungan universitas terdiri dari : Mahasiswa, mata kuliah
Kumpulan dari entitas disebut Himpunan Entitas
Contoh : semua nasabah, semua
mahasiswa
Atribut ( Elemen Data ) Karakteristik dari suatu entitas.
Contoh : Entitas Mahasiswa
atributnya terdiri dari Npm, Nama, Alamat, Tanggal lahir.
Nilai Data ( Data Value ) Isi data / informasi yang tercakup dalai setiap elemen data.
Nilai Data ( Data Value ) Isi data / informasi yang tercakup dalai setiap elemen data.
Contoh Atribut Nama Mahasiswa
dapat berisi Nilai Data : Diana, Sulaeman, Lina
Kunci Elemen Data ( Key Data
Element ) tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari
suatu kumpulan entitas.
Contoh Entitas Mahasiswa yang
mempunyai atribut-atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir menggunakan Kunci
Elemen Data npm.
Record Data
Kumpulan Isi Elemen data yang saling berhubungan.
Contoh : kumpulan atribut
npm, nama, alamat, tanggal lahir dari Entitas Mahasiswa berisikan : “49211159″,
“Sada Arih Tarigan”, “Jl. Teluk Sibolga 24 Jakarta”, “11 januari 1991″
Komponen Sistem
Database :
1. Data
· terintegrasi
(integrated)
· dapat dipakai
bersama-sama (shared).
2. Perangkat Keras (Hardware)
3. Perangkat Lunak (Software)
4.
Pemakai
E. PENGGUNA BASIS DATA
a.
System Engineer : Penanggung
jawab atas pemasangan Sistem Basis Data
b.
Database Administrator (DBA)
Orang yang mempunyai
kekuasaan sebagai pusat pengontrolan terhadap seluruh sistem baik data maupun
program yang mengakses data disebut sebagai database administrator. Fungsi
database administrator:
1. Mendefinisikan
pola struktur database.
2. Mendefinisikan struktur penyimpanan dan metode akses.
3. Mampu memodifikasi pola dan organisasi phisik.
2. Mendefinisikan struktur penyimpanan dan metode akses.
3. Mampu memodifikasi pola dan organisasi phisik.
4. Memberikan
kekuasaan pada user untuk mengakses data.
5. Membuat spesifikasi keharusan integritas data
5. Membuat spesifikasi keharusan integritas data
· Program
Utility yang digunakan oleh DBA
-
Loading Routines
-
Reorganization Routines
-
Journaling Routines
-
Recovery Routines
-
Statistical Analysis Routines
c.
DATABASE USER
Ada 4 macam pemakai database yang berbeda keperluan dan
cara aksesnya, yaitu :
1. Programmer Aplikasi, Programmer Aplikasi membuat program sesuai dengan yang telah direncanakan
1. Programmer Aplikasi, Programmer Aplikasi membuat program sesuai dengan yang telah direncanakan
2.User Umum (end user), Yang
menjalankan suatu aplikasi tertentu yang berhubungan dengan database
3. Casual User (user mahir),
4. User khusus (specialized user).
SUMBER :
google search pengenalan basis data
Tidak ada komentar:
Posting Komentar