Jumat, 12 Oktober 2012

BAB I . PENGANTAR BASIS DATA (SOFT SKILL)


I.      PENGANTAR BASIS DATA


A.    RUANG LINGKUP MENGENAI DATA BASE
Lingkungan basis data adalah sebuah habitat di mana terdapat basis data untuk bisnis. Dalam lingkungan basis data, pengguna memiliki alat untuk mengakses data. Pengguna melakukan semua tipe pekerjaan dan keperluan mereka bervariasi seperti menggali data (data mining), memodifikasi data, atau berusaha membuat data baru. Masih dalam lingkungan basis data, pengguna tertentu tidak diperbolehkan mengakses data, baik secara fisik maupun logis’. (Koh, 2005, dalam Janner Simarmata & Imam Paryudi 2006: 33).
Di dalam suatu organisasi yang besar, sistem database merupakan bagian penting pada sistem informasi, karena di perlukan untuk mengelola sumber informasi pada organisasi tersebut. Untuk mengelola sumber informasi tersebut yang pertama kali di lakukan adalah merancang suatu sistem database agar informasi yang ada pada organisasi tersebut dapat digunakan secara maksimal.

Tujuan Perancangan Database
·         Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dari pengguna dan aplikasi
·         Menyediakan struktur informasi yang natural dan mudah di mengerti  oleh pengguna
·         Mendukung kebutuhan pemrosesan dan beberapa obyek kinerja dari suatu sistem database

Basis Data

Sekumpulan data yang terintegrasi yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan para pemakai di dalam suatu organisasi.

DBMS (Database Management Systems)

Perangkat lunak yang menangani semua pengaksesan ke database.

Sistem Basis Data

DBMS + Basis Data

B.     PERBEDAAN SISTEM FILE TRADISIONAL DENGAN SISTEM FILE BASIS DATA

Perbedaan :

File Manajemen Tradisional

1.      Program Oriented
2.      Kaku
3.      Kerangkapan Data

File manajemen Database

1.      Data Oriented
2.      Luwes
3.      Terkontrolnya kerangkapan   Data

C.    KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN MENGGUNAKAN BASIS DATA

Kelemahannya :

File Manajemen Tradisional :

1.      Timbulnya data rangkap & Ketidak konsistenan
2.      Data tidak dapat digunakan bersama-sama
3.      Kesukaran dalam peng-aksesan data
4.      Tidak Fleksibel
5.      Data tidak standar

File manajemen Database  :

1.     Storage yang digunakan besar
2.     Dibutuhkan tenaga spesialis
3.     Softwarenya mahal
4.   Kerusakan pada sistem database dapat mempengaruhi departeman lain yang terkait.

Keuntungan dari file manajemen database :

1.      Terkontrolnya kerangkapan data
2.      Terpeliharanya kekonsistenan data
3.      Data dapat dipakai bersama-sama
4.      Data dapat distandarisasikan
5.      Keamanan data dapat terjamin
6.      Integritas data terpelihara
7.      Data independence



D.    KONSEP BASIS DATA , ISTILAH DASAR , KOMPONEN BASIS DATA

Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.

Istilah dasar :
Enterprise
Suatu bentuk organisasi seperti: bank, universitas, rumah sakit, pabrik, dsb.
Data yang disimpan dalai basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise.
Contoh data operasional : data keuangan, data mahasiswa, data pasien
Entitas
Suatu obyek yang dapat dibedakan dari lainnya yang dapat diwujudkan dalai basis data.
Contoh Entitas dalam lingkungan bank terdiri dari : Nasabah, Simpanan, Hipotik
Contoh Entitas dalam lingkungan universitas terdiri dari : Mahasiswa, mata kuliah
Kumpulan dari entitas disebut Himpunan Entitas
Contoh : semua nasabah, semua mahasiswa
Atribut ( Elemen Data ) Karakteristik dari suatu entitas.
Contoh : Entitas Mahasiswa atributnya terdiri dari Npm, Nama, Alamat, Tanggal lahir.
Nilai Data ( Data Value ) Isi data / informasi yang tercakup dalai setiap elemen data.
Contoh Atribut Nama Mahasiswa dapat berisi Nilai Data : Diana, Sulaeman, Lina
Kunci Elemen Data ( Key Data Element ) tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas.
Contoh Entitas Mahasiswa yang mempunyai atribut-atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir menggunakan Kunci Elemen Data npm.
Record Data

Kumpulan Isi Elemen data yang saling berhubungan.
Contoh : kumpulan atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir dari Entitas Mahasiswa berisikan : “49211159″, “Sada Arih Tarigan”, “Jl. Teluk Sibolga 24 Jakarta”, “11 januari 1991″
Komponen Sistem Database :
1.  Data
      · terintegrasi (integrated) 
      · dapat dipakai bersama-sama (shared).
2.  Perangkat Keras (Hardware)
3.  Perangkat Lunak (Software)
4. Pemakai

E.     PENGGUNA BASIS DATA

a.             System Engineer : Penanggung jawab atas pemasangan Sistem Basis Data

b.            Database Administrator (DBA)
Orang yang mempunyai kekuasaan sebagai pusat pengontrolan terhadap seluruh sistem baik data maupun program yang mengakses data disebut sebagai database administrator. Fungsi database administrator:
1. Mendefinisikan pola struktur database.
2. Mendefinisikan struktur penyimpanan dan metode akses.
3. Mampu memodifikasi pola dan organisasi phisik.
4. Memberikan kekuasaan pada user untuk mengakses data.
5. Membuat spesifikasi keharusan integritas data
·     Program Utility yang digunakan oleh DBA
-          Loading Routines
-          Reorganization Routines
-          Journaling Routines
-          Recovery Routines
-          Statistical Analysis Routines

c.             DATABASE USER
Ada 4 macam pemakai database yang berbeda keperluan dan cara aksesnya, yaitu :
1. Programmer Aplikasi, Programmer Aplikasi membuat program sesuai dengan yang telah direncanakan
2.User Umum (end user), Yang menjalankan suatu aplikasi tertentu yang berhubungan dengan database
3. Casual User (user mahir),
4. User khusus (specialized user).

SUMBER :
google search pengenalan basis data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar